FADILAH PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWAL


Kami keluarga besar Padepokan Supranatural dan Benda Bertuah mengucapkan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Alhamdulillah, akhirnya kita semua dapat meraih hal yang paling indah untuk melewati segala ibadah di bulan Ramadhan.  Semoga keistiqhamahan ibadah kita pada saat bulan Ramadhan dapat kita bawa juga dibulan-bulan lainnya.

Untuk mempersingkat waktu, kita langsung saja kepembahasan inti sesuai dengan judulnya yaitu “Fadhilah Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal”. Puasa 6 hari ini disyariatkan sebagai pengganti puasa Ramadhan yang tidak sah. Demikian juga untuk menjaga agar perut kita tidak lepas kontrol setelah sebulan penuh melakukan puasa, kemudian diberikan kesempatan luas untuk makan dan minum. Lebih dari itu puasa Syawal adalah ibadah Sunah yang sangat dianjurkan oleh ajaran Agama kita.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa berpuasa Ramadhan dan meneruskannya dengan Puasa 6 hari di bulan Syawal, berarti dia telah berpuasa satu tahun” (HR. Imam Muslim dan Abu Dawud)
 

Dalam hadits tersebut diterangkan, bahwa pahala orang yang berpuasa Ramadhan dan 6 hari dibulan Syawal, sama pahala dengan puasa setahun. Karena satu pahala kebaikan nilainya sama dengan sepuluh kebaikan (Qs. Al-An’am:160). Jika satu kebaikan dihitung sepuluh pahala, berarti puasa 1 bulan dihitung sepuluh bulan. Dan puasa 6 hari dibulan Syawaldihitung 2 bulan. Jadi total jumlahnya adalah 1 Tahun.

Puasa Syawal boleh dikerjakan di pertengahan atau di akhir bulan Syawal. Dan sebagian ulama memperbolehkan tidak harus berturut-turut selama 6 hari. Bagi yang memiliki kewajiban untuk mengqadha Puasanya, bisa melakukan puasa Qadha dulu baru kemudian melakukan puasa Syawal. Atau bisa juga Melakukan puasa Syawal dulu baru kemudian melakukan puasa Qadha.

Semoga bermanfaat…

Categories: ARTIKEL | Tags: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: