Sebab Doa Belum Di Kabulkan


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

 

Allah telah menjanjikan bahwa Dia selalu akan mengkabulkan doa seorang mukmin yang berdoa kepada-Nya dan menetapkan beberapa syarat agar doa tersebut dikabulkan. selain syarat-syarat yang harus dipenuhi, Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- juga telah memeringatkan ummatnya akan hal-hal yang dapat menahan doa kita dan menjadikannya tidak diterima dan tidak pula dikabulkan.

Adapun hal-hal yang dapat menahan doa kita dan menjadikannya tidak dikabulkan adalah sebagai berikut :

1. Kurangnya adab dalam berdoa kepada Allah. maksudnya berdoa kepada Allah akan hal-hal yang sebenarnya Allah membencinya, seperti berdoa untuk memutus tali silaturahmi, atau perkara yang dilarang. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

لا يزال يستجاب للعبد ما لم يدع بإثم أو قطيعة رحم

Artinya : “Doa seorang hamba akan selalu dikabulkan selama tidak berdoa untuk suatu yang berdosa atau untuk memutus tali silaturahmi.” (HR Muslim)

2. Berdoa dengan berteriak keras-keras, dan dengan kata-kata yang kurang layak diucapkan kepada Allah. menangis ketika berdoa adalah diperbolehkan, akan tetapi berlebihan dalam menangis tidaklah baik. Allah berfirman :

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya : “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS Al-A’raaf : 55)

3. Masuknya barang-barang yang haram kedalam rumah kita. seperti harta yang berasal dari pekerjaan haram, makanan dan minuman yang haram, atau barang-barang yang dibeli dengan uang haram. rumah, pakaian yang haram. dan juga pekerjaan yang haram.

4. Memakan makanan yang haram, meminum minuman yang haram, memakai pakaian yang haram, memakan harta haram bukan berarti menggunakan harta haram untuk makan saja, akan tetapi menggunakan untuk membeli barang-barang yang digunakan adalah termasuk memakan harta yang haram. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ قَالَ (يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ) وَقَالَ (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ) ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ يَا رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ ، وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ ، وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ ، وَقَدْ غُذِّىَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ

Artinya : “Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. dan Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman sebagaimana yang diperintahkan kepada para rosul. beliau membaca, “Wahai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” dan membaca, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu.” kemudian beliau menyebutkan seseorang yang bepergian jauh, kucel dan acak-acakan, mengetadahkan kedua tangannya ke langit dan berkata, “Ya Robb, ya Robb.” sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan memakan barang yang haram, bagaimana mungkin akan dikabulkan?!” (HR Muslim)

5. Buru-buru agar doanya cepat dikabulkan. ini juga tidak baik, malahan ini termasuk yang menahan doa dan menyebabkan tidak dikabulkan. biasanya orang mengatakan, “saya sudah sering berdoa, tapi tidak dikabulkan juga.” kata-kata inilah yang dimaksud buru-buru dalam doa. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

يستجاب لأحدكم ما لم يعجل ، يقول دعوت فلم يستجب لي

Artinya : “Akan dikabulkan doa seseorang jika tidak buru-buru, berkata : saya telah berdoa tapi belum dikabulkan juga.” (HR Bukhori dan Muslim)

6. Menggantungkan dalam berdoa, seperti perkataan, “Ya Allah, ampunilah hamba jika Engkau berkehendak.” atau “rahmatilah hamba jika Engkau mau.” karena doa adalah pengharapan, permintaan yang ingin dikabulkan. jadi harus dengan kata-kata yang menunjukkan keyakinan tersebut. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

لا يقولن أحدكم اللهم اغفر لي إن شئت اللهم ارحمني إن شئت ، ليعزم المسألة فإنه لا مستكره له

Artinya : “Jangan salah seorang diantara kalian mengatakan (dalam doanya) : Ya Allah, ampunilah hamba jika Engkau mau. ya Allah, rahmatilah hamba jika Engkau mau. agar menunjukkan keyakinan dalam doanya karena tidak ada yang memaksanya (untuk berdoa).” (HR Bukhori dan Muslim)

Tidak harus seseorang melakukan semua hal ini dan menyebabkan doanya tidak dikabulkan, akan tetapi cukup melakukan satu saja diantara 6 hal diatas, maka doanya tidak akan dikabulkan.

Sudahkah kita mengoreksi diri akan cara kita berdoa? bagaimana kita berdoa? kata-kata apa yang kita ucapkan? dan yang paling penting, keyakinan apa yang kita yakinin akan doa kita? kita harus luruskan kembali hal-hal yang masih bengkok dalam diri kita agar termasuk orang-orang dicintai Allah dan dikabulkan doanya.

Categories: Uncategorized | Tags: , , , | 16 Komentar

Navigasi pos

16 thoughts on “Sebab Doa Belum Di Kabulkan

  1. Marni

    Nice Artikel,.

  2. Gio

    Setuju,.

  3. Suni 88

    Terimakasih atas penjabarannya, salam salim untuk Ki Anom Suro. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

  4. tangkur

    Slmt sre all, ijin nyimak

  5. Bion Mdr

    “saya sudah sering berdoa, tapi tidak dikabulkan juga.” , mungkin ini yg sering kita ucapkan dikala doa kita belum di kabulkan. Semoga article ini dapat bermanfaat dan bermakna untuk kita semua. Amin

  6. Rendi

    Assallamualikum.Wr.Wb

    Terkadang sulit mmg untuk dapat beristiqhamah dalam menjalankan ibadah. Bagaimana caranya agar kita bisa khusu dan Istiqhamah dalam menjalankannya? mohon pencerahan

  7. @Rendi

    Walaikum Salam.Wr.Wb

    Keistiqhamahan dan Kehususan kita dalam menjalankan Ibadah bergantung pada Niat dan Ketulusan Hati kita dalam menjalankannya. Hati merupakan lentera jiwa yang terkadang redup dan terang, hati juga merupakan sarana ingsun (mengingat ) kepada dzat Yang Maha Kekal adanya. Pergantian siang dan malam merupakan salah suatu tanda kebesaran-Nya yang IA perlihatkan kepada semua makhluk hidup ciptaan-Nya. Jika hati seorang hamba terus ter-asa dengan kalimat-kalimat-Nya tanpa ada sifat riya maupun ujub serta bersih dari sifat-sifat tercela, maka hati itu menjadi jendela yang dapat menembus batas sadar alam fikir makhluk-Nya. Biasanya kekuatan-kekuatan inilah yang di pergunakan bagi seorang salik menembus batas dzikirnya untuk sampai ke khadirat Illahi.

    Dalam menjalankan proses hati tersebut membutuhkan keikhlasan hati untuk menjalankan ibadah semata-mata karena Allah, baik aktifitas lahiriah nya maupun batiniah nya. Seorang hamba yang sedang menjalankan Ibadah tersebut baik dzikir secara lahir maupun batin, tak boleh lepas dari hukum-hukum yang sudah di tetapkan dalam Al-Qur’an. Kerena seseorang yang telah mengaku beriman kepada Allah tak lepas dari petunjuk yang sudah di tetapkan dalam kitab induk Yang Maha Sempurna yaitu: “Al-Qur’an”. Semoga bermanfaat…!!!

  8. Kita harus selalu bercermin diri akan Akhlak perbuatan kita selama ini. Bukan doa atau amalan yg salah, yang membuat doa kita belum terkabulkan. Tetapi kita harus bisa mengoreksi diri, apakah kita sudah istiqhamah dan mentaati peraturan-peraturan Allah yang terdiri dari Rukun Islam dan menjalani segala kewajiban.

  9. Sri Ayu

    Amal ibadath kita akan dicatat, apabila di dunia doa kita tidak dikabulkan berarti disimpan untuk bekal di alam akherat nanti.

  10. Dadi

    Sangat bermanfaat,.

  11. Irwan Jhodi

    Salam rahayu untuk semua sesepuh dan sedulur semua. Terkadang dikala keadaan sulit kita memang susah utk bisa istiqhamah dalam menjalankan Ibadah. Berserah dan berpasrahlah kepada Allah SWT, semoga apa yg kita harafkan segera tercapai. Amin

  12. Suneo

    Nice Artikel

  13. Yanti

    Dunia berputar, begitu halnya kondisi keadaan kita akan berubah. Yang susah pasti akan mersakan senang, dan yang senang pastilah akan merasakan susah.

  14. Andri

    Salam untuk semua,.

  15. So beautiful! I love the earthy & classic tones from the wedding! I’m so stealing the succulent idea. Stunning bride, handsome hubby & bridal party. Amazing photos as often Tammy!

  16. This is *so* timely for me! This week, I’ll finish my mini Lone Star schnibble and small quilt S is for Spiralsthis 1 was pieced back in april 2010. Time it was finished, no?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: