Kacang Kedele dan Ikan Pencegah Kanker


Orang yang rutin makan kedele sejak masa kanak-kanak memiliki risiko lebih kecil mengalami kanker payudara, laporan hasil penelitian para ahli 14 November 2006.

Selain itu laki-laki yang rutin makan ikan beberapa kali dalam seminggu memiliki risiko lebih kecil mengalami kanker usus, tim peneliti ini mengatakan dalam pertemuan di Boston dalam acara American Association for Cancer Research.

Dalam penelitian para ahli juga menyebutkan bahwa dua pertiga dari semua jenis kanker yang terjadi disebabkan karena faktor gaya hidup seperti merokok, diet dan kurangnya berolahraga.

Dr. Larisa Korde dari National Cancer Institute dan timnya dari University of Hawaii melakukan penelitian terhadap 597 wanita Asian-American yang menderita kanker payudara dan 966 wanita yang sehat. Sebagian dari partisipan wanita tersebut juga bersedia menjawab berbagai pertanyaan tentang kebiasaan makan yang mereka lakukan sejak mereka masa kanak-kanak.

Wanita yang makan kaya kandungan kedele seperti tahu sejak mereka berusia 5 hinga 11 tahun terbukti memiliki risiko yang lebih rendah terhadap kanker payudara, yaitu 58%, para ahli tersebut menjelaskan.

Tidak jelas bagaimana kedele dapat mencegah terjadinya kanker, diduga komponen yang disebut isoflavon yang terkandung di dalam kedele tersebut yang mempengaruhi. Isoflavon memiliki efek menyerupai estrogen.

Penelitian kedua yang dipresentasikan pada pertemuan yang sama menunjukkan bahwa laki-laki yang makan ikan lima kali dalam seminggu atau lebi mengalami 40% lebih rendah menderita kanker kolorektal dibandingkan dengan laki-laki yang kebiasaan makan ikannya kurang dari 1 porsi dalam seminggu.

Megan Phillips dari Harvard School of Public Health dan timnya melakukan analisis data dari sejumlah 22.071 laki-laki.

Selama ini kita telah mengetahui bahwa mengkonsumsi banyak ikan dapat menekan terjadinya risiko kematian jantung mendadak, dan saat ini telah ditemukan manfaat lain yang juga menguntungkan dari kebiasaan mengkonsumsi ikan, Megan mengatakan.

Banyak jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, dimana asam lemak omega-3 ini akan mempengaruhi cyclooxygenase-2 atau enzim COX-2.

COX-2 memiliki efek anflamasi, sehingga akan memicu terjadinya pertumbuhan tumor.

Laki-laki yang banyak makan ikan memiliki risiko 40% lebih rendah alami kanker kolorektal pada 19 tahun kedepan, temuan hasil study. Makan ikan dua kali dalam seminggu memperkecil risiko hingga 13%.

 

Sumber ; DechaChare.Com

Categories: PENGOBATAN ALTERNATIP/HERBAL | Tags: , , , , , , , , | 8 Komentar

Navigasi pos

8 thoughts on “Kacang Kedele dan Ikan Pencegah Kanker

  1. Satria

    Terimakasih Infonya,..

  2. Dadung

    Nice Artikel

  3. Rangkak Godeng

    Salam Kenal buat semua, dan Salam rahayu buat admin Kerta Raharja dan Ki Anom Suro.

  4. YEAH HE LETS Persons CALL SOMEONE ELSE DUMB AND OTHER STUFF AND WHEN THE PERSON Lastly GETS FED UP THEY START CUSSING…IM Pretty UP Set HE ALLOWED SOMEONE TO INSULT ME THE WAY HE HAS…IT IS Really UNPROFESSIONAL.

  5. Nice drupal themes thanks for shared.

  6. Great a person web site operator achievements webpage post excellent sharings on this website always have entertaining

  7. Nice a single web site proprietor achievement web site post excellent sharings in this blog at all times have pleasurable

  8. I was trying to find this blog very last 3 days excellent blog operator great posts every thing is wonderful

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: