Mencari Karier Baru di Tahun Baru


Dilema karier. Memutuskan pindah kerja atau bertahan di tempat lama mungkin terus menghantui Anda. Beragam masalah bisa jadi pemicu, mulai dari bos yang galak, pendapatan yang tak juga meningkat, sampai ingin mengembangkan karier baru. Tahun baru 2012 yang akan datang, bisa jadi momentum untuk mulai bergerak. Tetapi sebelumnya evaluasi dulu beberapa hal berikut ini:

Bagaimana perjalanan karier Anda setahun atau bahkan beberapa tahun belakangan ini? Apakah ada perkembangan yang baik sesuai prestasi? Jika tidak ada perkembangan, lakukan evaluasi diri. Apakah kemampuan dan kualitas diri yang belum memadai? Atau alasan lainnya?

Evaluasi pula pengembangan kualitas kerja Anda selama bekerja di perusahaan yang sekarang. Apakah banyak pengetahuan baru yang didapat, keahlian baru yang dipelajari, serta orang baru yang membuka wawasan?

Bagaimana penghargaan perusahaan terhadap pekerjaan Anda selama ini? Selain pendapatan pokok, adakah keuntungan dan manfaat lain yang diberikan perusahaan seperti pelatihan, konferensi, perjalanan dinas, piknik perusahaan, atau manfaat lain?

Apakah suasana kerja sekarang nyaman dengan teman-teman kerja dan atasan yang kooperatif? Tak bisa diingkari, konflik atau masalah pasti ada di setiap tempat kerja. Namun seberapa jauh masalah itu menganggu dan bisa diatasi?
Setelah melakukan evaluasi, kini saatnya mempertimbangkan beberapa hal di masa depan.

Hampir setiap orang memiliki mimpi tentang karier atau pekerjaannya. Entah itu pekerjaan idaman atau perusahaan impian yang diincar. Pikirkan kembali karier atau pekerjaan apa yang sebenarnya Anda inginkan? Dengan modal dan prospek yang ada, mungkinkah mengejar mimpi tersebut?

Tentunya tak ada yang tak mungkin. Pelajari kembali pekerjaan atau perusahaan impian Anda. Apakah Anda sudah memiliki “modal” yang cukup untuk mencoba peruntungan di pekerjaan tersebut. Jika Anda merasa sudah cukup memenuhi kualifikasi, tidak ada salahnya mencoba melamar jika memang ada kesempatan.

Kumpulkan dan buat daftar kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. Masukkan juga ke dalam daftar tersebut berbagai pelatihan, konferensi, atau kemampuan akademis yang Anda telah kumpulkan. Dari daftar itu Anda bisa menilai kelebihan dan kekurangan untuk melompat ke karier impian atau sementara tetap bertahan untuk mengumpulkan “modal” lebih banyak.

Dengan adanya Internet, tak sulit lagi mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan/karier idaman. Jika ingin melamar ke sebuah perusahaan, pelajari dengan baik apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Pelajari juga seperti apa prospek perusahaan itu ke depannya. Apakah bisnisnya sedang bagus atau sedang rentan krisis. Mana yang lebih baik dari perusahaan Anda sekarang?

Situs seperti LinkedIn bisa dimanfaatkan untuk melihat siapa saja yang bekerja di perusahaan tersebut dan apa kualifikasinya. Jika ingin pindah berkarier ke jenis pekerjaan tertentu, cari tahu juga berapa rentang gaji yang umum ditawarkan pada posisi tersebut.

Kenali aset diri Anda dan jangan takut bernegosiasi tentang pendapatan. Walau Anda sangat menginginkan pekerjaan tersebut tapi tetap pertimbangkan nilai diri Anda yang sesuai. Selain pendapatan, pertimbangkan juga keuntungan lainnya seperti asuransi dan fasilitas. Tapi jangan lupa mengetahui lebih jauh tentang jenjang karier yang tersedia. Bikin daftar dan pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dengan perusahaan Anda sekarang.

Tentu tak mudah untuk mengambil keputusan tentang pekerjaan. Keputusan yang satu ini akan banyak mempengaruhi kehidupan Anda, orang terdekat, atau orang lain yang bergantung pada Anda. Selain itu keputusan ini juga akan sangat mempengaruhi kualitas hidup dan masa depan. Konsultasikan poin-poin tadi pada orang yang lebih ahli atau yang Anda percaya. Masukan mereka tentu bisa menjadi pertimbangan Anda saat mengambil keputusan.

Jika sudah saatnya berburu, persiapkan diri Anda semaksimal mungkin. Carilah referensi tentang membuat surat lamaran yang baik sesuai dengan pekerjaan atau perusahaan yang Anda tuju. Manfaatkan jaringan Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian jika memungkinkan. Minta rekomendasi dari teman yang bekerja di perusahaan tersebut jika ada.

Di masa sekarang, tak sedikit perekrut yang mencari tahu tentang pelamar kerja lewat Internet. Perhatikan kembali profil Anda di media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, dan blog. Apakah akan membuat rekruter makin tertarik atau malah tak berselera?

Intinya, jika ingin melakukan perbaikan pada karier Anda, lakukanlah sepenuh hati. Pelajari dan cari tahu dulu segala informasi yang mendukung, lengkapi diri Anda dengan kemampuan yang meningkatkan kualitas, serta representasikan diri Anda sebaik mungkin baik secara offline maupun online.

 

Sumber : yahoo.com

Categories: Uncategorized | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Mencari Karier Baru di Tahun Baru

  1. Shania

    Nice Artikel,.

  2. Extremely usefully article.

  3. Tends to make perception, thanks!

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: