LEGENDA KERIS NAGA SASRA BARU KLINTING


Asal mula terbentuknya danau ngebel adalah penjelmaannya seekor naga, yang konon naga itu penjelmaan dari keris empu yang terkenal pada masa itu. Ketika sang naga meminta pengakuan kepada sang empu bahwa dia adalah anaknya, karena sang empu mengetahui bawasanya naga itu adalah penjelmaan keris pusaka, maka sang empu memberikan syarat kepada naga itu. Apakah syratnya, hemmm syaratnya adalah jika sang naga dapat melingkari gunung wilis denga tubuhnya, maka diakuinya dia menjadi anaknya.
Ternyata dibalik syarat yang diberikan sang empu kepada naga ada tipu daya. Karena sang naga tidak dapat melingkari gunung wilis dengan tubuhnya, maka dia menjulurkan lidahnya. Nah disinilah tipu daya itu. ketika sang naga menjulurkan lidahnya, tiba-tiba sang empu memotong lidah itu. Apa gerangan yang terjadi? Berubahlah lidah sang naga menjadi keris pusaka, sedang sang naga sendiri menjelma menjadi seorang anak yang bernama BARUKLINTING.

Disinilah awal permulaan ceritamya, tatkala sang naga telah menjelma jadi manusia, dia merasakan kelaparan yang amat sangat. Disaat itu bersamaan dengan adanya pesta dari seorang perempuan yang kaya raya. Ketika Baruklinting meminta makanan dipesta itu, bukan makanan yang didapat, akan tetapi diusir dan dimaki habis-habisan dia oleh sang perempuan kaya.

Baruklinting sakit hati dengan perlakuan yang diterimanya. Saat Baruklinting akan pergi dari desa itu, rasa laparnya belumlah hilang, ketika itu ada seorang nenek lewat dan memberinya makanan(mbok rondo). Baruklinting senang sekali karena rasa laparnya kini telah hilang oleh pertolongan mbok Rondo. Karena rasa sakit hatinya pada penduduk desa dan si perempuan kaya yang telah memaki dan mengusirnya, dia mempunyai rencana untuk membalasnya. Ketika rencana tersebut akan dilaksanakan, berpesanlah Baruklinting pada mbok rondo untuk mempersiapkan lesung(alat untuk menumbuk padi yang bentuknya seperti prahu) dan entong kayu(alat untuk mengambil nasi).

Berangkatlah Baruklinting kedesa itu, diadakannya sayembara, yang isinya: barang siapa dapat mencabut kayu yang saya tancapkan ini, maka saya akan meninggalkan desa ini. Semua penduduk desa mencobanya satu persatu, tapi apa gerangan yang terjadi? Tak ada satupun yang dapat mencabutnya. Ketika para penduduk desa tak sanggup mencabutnya, dicabutnya sendiri kayu itu. Apa gerangan yang terjadi? Keluarlah air yang deras dari bekas tancapan kayu itu. Tak sorangpun dapat menghentikan alirannya, terjadilah bencana air bah, tenggelamlah para penduduk desa itu, tak seorangpun selamat, kecuali Mbok Rondo sang dewi penolong Baruklinting, dengan menaiki lesung, sesuai amanat dari Baruklinting. Maka jadilah danau desa tersebut, yang sekarang dipanggil dengan sebutan Danau Ngebel.

Disini Kami memiliki program untuk mendapatkan uang Rp.1.000.000-Rp.2.000.000 perharinya yang sudah terbukti berhasil, bagi yang berminat silahkan daftarkan diri anda menjadi member dihttp://blogsuper.mprm.net

About these ads
Categories: ARTIKEL | Tags: , , , , , , , | 19 Komentar

Navigasi pos

19 thoughts on “LEGENDA KERIS NAGA SASRA BARU KLINTING

  1. PERTAMAX sambil nyimax

  2. makasih kang mas sudah menyebarkan cerita rakyat daerah saya…

  3. Bagus lumut

    Wkekekeke,klo setau saya baru klinthing itu tombak,bukan keris.klo gak salah tombaknya ki ageng mangir.

  4. cah jogja

    ini ceritanya ki ageng mangir….dengan dewi pembayun…terus muncullah si baru krincing…..itu bilah tombak pusaka yg menggegerkan jogja di kala itu…..tapi nggak tau yg bener yg mana…..

  5. raihan

    tumbak kyai baru klinting,itu seekor naga anake bojone empu,karna memangku pusaka saat memasak,saat bayen berujud ular,trus dibuang karna malu,jd baruklinting tu anake pusaka bkn anake empu,yg dilingkari tu gununge mbah marijan,sampe skrng jd penunggune merapi

  6. yogi

    wah bingung yooooo, akeh versine…..

  7. Thoriq

    bagus lah peninggalan sjrah yg top

  8. Mellsandy1

    waduh tu yg di mksd empu siapa g jls bgtu jd bingung setau saya kiai baru klinting tu tumbak bkn keris sejarah jg mengatakn bgtu….

  9. fayadh

    Apaitukelinting?

  10. Kolektor Keris

    anyaran bosss

  11. Kolektor Keris

    Fayadh@@ Kelinting itu brengos di kelinting…. hahahahaa

  12. What adorable designs! I agree with what are you saying about creating a list…and I am sure there are many who will doubt that at first … but after some time they will remeber your drawings and will give you appropriate.

  13. I totally concur with what you are saying eventhough this write-up is not suit to new WP :)

  14. Greetings thanks for fantastic article i was seeking for this challenge final a couple of days. I will search for following valuable posts. Have enjoyable admin.

  15. bondet ch tulungagung jawa timur.

    saya percya dngan cerita itu.
    salam pace love
    BARU KLINTING

  16. andang

    duh duh duh….. yang benar yg mana bt kepala jd puyeng aja….

  17. Afhidz Mangir

    sepertinya cerita di atas itu salah,,,,,

  18. Jhon

    Crita yg sebenarnya ,baru klinting adalah seorang anak penjelmaan naga, yg ingin mencari jati drinya

  19. rizkye putra

    yang bener BARU KLINTING itu GUDANG PELURU di daerah sekitar perbatasan nganjuk -madiun

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: